Para mahasiswa, dosen, pegawai dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya diharapkan bisa mendapatkan informasi resmi mengenai Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU melalui buku pedoman ini. Khusus kepada mahasiswa diharapkan dapat lebih memahami kedudukan, hak, tugas dan tanggung jawabnya dalam menempuh pendidikan sehingga benar-benar menjadi alumni yang memiliki kompetensi dan berkarakter.

Pedoman Akademik FEB-USU

Penerbitan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut. KKNI merupakan pernyataan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang penjenjangan kualifikasinya didasarkan pada tingkat kemampuan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran (learning outcomes).

Deskripsi capaian pembelajaran dalam KKNI, mengandung empat unsur, yaitu unsur sikap dan tata nilai, unsur kemampuan kerja, unsur penguasaan keilmuan, dan unsur kewenangan dan tanggung jawab. Dengan telah terbitnya Standar Nasional Pendidikan Tinggi rumusan capaian pembelajaran tercakup dalam salah satu standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), capaian pembelajaran terdiri dari unsur sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan ketrampilan umum telah dirumuskan secara rinci dan tercantum dalam lampiran SN-Dikti, sedangkan unsur ketrampilan khusus dan pengetahuan dalam kurikulum Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU memberikan kewenangan kepada masing-masing program studi merumuskannya berdasarkan ciri lulusan masing-masing program studi. Berdasarkan rumusan ‘capaian pembelajaran’ tersebut penyusunan kurikulum program studi di lingkungan FEB-USU dikembangkan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU mulai aktif menerapkan kurikulum KKNI sejak 2017 dengan disahkannya kurikulum KKNI masing-masing progra studi oleh Rektor. Dalam penyusunannya, fakultas tetap menjadi kontrol sebelum kurikulum diajukan ke rektorat.

Fakulats Ekonomi dan Bisnis USU memberikan fasilitas laboratorium komputer dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di lingkungan FEB USU terutama dalam membangun keterampilan dalam pemanfaatan teknologi dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi dan bisnis. Laboratorium terbuka bagi mahasiswa dan dosen yang hendak memanfaatkan lab komputer untuk pembelajaran, pengembangan diri, serta analisis data berbasis komputer.

labkom

Selamat Datang! Calon Mahasiswa Terbaik di Fakultas Ekonomi dan Binsis di Universitas Sumatera Utara

SNMPTN dan SBMPTN BANNER 2018 revisi2

Silakan merujuk pada jalur SNMPTN dan SBMPTN yang sesuai dengan minat kalian calon mahasiswa terbaik! Jangan lupa catat tanggal penting tersebut agar tidak terlewatkan!

Bagi calon mahasiswa pascasarjana pendaftaran dilakuka terpusat melalui tautan berikut:
Pendaftaran Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU