Pembangunan di segala bidang selalu menuntut tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas, manajemen yang baik, kemampuan menganalisis keadaan dan juga tertib administrasi yang baik. Masalah sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor kunci bagi semua pelaku pembangunan, baik pemerintahan maupun swasta,. Berbagai cara dapat dijalankan untuk meningkatkan kualitas SDM, tetapi pada umumnya jalur pendidikan formal memegang peranan penting, baik melalui jalur akademik maupun jalur profesi.

Sumatera Utara sebagai Provinsi yang kaya akan sumber daya alam haruslah menitik beratkan perhatiannya dibidang peningkatan kualitas SDM, agar nantinya mampu mengolah dan mengelola kekayaan tersebut dengan baik untuk menciptakan keunggulan bersaing. Sejalan dengan itu, saat ini Provinsi Sumatera Utara menghadapi persaingan global dan pelaksanaan otonomi daerah sebagaimana daerah lainnya di Indonesia, sehingga peningkatan kualitas SDM merupakan syarat mutlak bagi keberhasilan pembangunan di Provinsi Sumatera Utara.

Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai instansi penyelenggara di bidang pendidikan mempunyai andil yang besar didalam pembangunan nasional pada umumnya dan Sumatera Utara pada khususnya. Para alumni USU menyebar diseluruh penjuru tanah air, mereka bekerja pada Dinas dan Instansi Pemerintah serta pada bidang wirausaha, sehingga kontribusi USU ditengah-tengah masyarakat Sumatera Utara tidak perlu diragukan lagi. Dalam rangka menuju masa depannya, USU terus mengembangkan dirinya dengan membuka program-program studi baru baik untuk Program S1, S2 maupun S3.

Tanggung jawab USU yang utama adalah untuk memberdayakan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Era globalisasi dan Otonomi Daerah merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh USU dalam membantu peningkatkan kualitas SDM dari berbagai bidang dan disiplin ilmu pengetahuan.

Di dalam otonomi Perguruan Tinggi maka USU juga berkewajiban untuk menyebarluaskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni ketengah-tengah masyarakat. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas masyarakat. USU mempunyai sarana dan prasarana yang dapat menunjang kelancaran pendidikan dan pengajaran di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Menyadari berbagai hal di atas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU yang berdiri sejak 1 Oktober 1961 dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari USU, terus menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan baik Program D3, S1, S2 dan S3 dengan kurikulum terkini yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian sehingga dapat menghasilkan lulusan yang profesional. Pada saat ini FEB USU terus berbenah dalam upaya meningkatkan kualitas serta kinerjanya melalui peningkatan kualitas administrasi pendidikan dengan berupaya meningkatkan predikat akreditasi pada seluruh program studinya. Pedoman dan arah seluruh program, aktivitas dan kegiatan yang direncanakan dan akan dilakukan dituangkan dalam rencana strategis FEB USU 2016 -2020.

Penyusunan Renstra FEB USU merupakan perwujudan Renstra USU 2016 - 2020, sehingga dengan demikian terjadi kesamaan gerak dan harmonisasi menuju visi dan misi USU. Oleh karenanya FEB USU sebagai satuan unit kerja perlu memiliki Renstra dan memiliki kemampuan dalam melaksanakan program kerja yang telah disusun.

Renstra FEB USU 2016 - 2020 disusun melalui prinsip-prinsip partisipatoris dengan melibatkan para pemangku kepentingan yaitu dekanat, pengelola prodi, dosen, tenaga kependidikan, pengurus himpunan mahasiswa, alumni, pemerintah daerah dan instansi swasta. Penyusunan Renstra ini tetap memperhatikan program-program dalam Renstra sebelumnya serta tetap mempertimbangkan relevansinya terhadap visi dan misi Prodi, Fakultas dan USU saat ini.

Rencana Strategis Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU 2015 - 2019 dapat diunduh pada tautan berikut:

Renstra FEB-USU 2015 - 2019