Faculty of Economics and Business USU hold International Conference,EBIC 2019, Grand Aston City Hall Hotel Medan

                   Era revolusi industri 4.0 telah mengubah basis dari dunia bisnis dan pola konsumsi masyarakat yang mengarah pada implementasi berbasis teknologi digital. Industri 4.0 adalah cyber-physical systems (CPS) yang memungkinkan teknologi untuk membawa dunia virtual dan fisik bersama-sama dalam menciptakan dunia yang terkoneksi berbasis jaringan internet. Dinamisnya perubahan kondisi ekonomi dan bisnis serta perilaku pasar membuat turbulensi pada aktivitas dan kegiatan ekonomi itu sendiri.

Transformasi ekonomi digital memungkinkan kekayaan terdistribusi secara merata yang selama ini terdapat kesenjangan. Ekonomi digital memberi kesempatan yang sama bagi semua orang untuk berpartisipasi yang sifatnya inklusif. Langkah yang dapat ditempuh untuk mengembangkan ekonomi digital adalah mendorong dan menfasilitasi platform bisnis digital yang inovatif dalam menciptakan sharing economy, tenaga kerja, digitalisasi dan inklusi keuangan. Selain itu Pemerintah harus cepat menerima dan beradaptasi dengan menciptakan regulasi yang mendukung ekonomi digital. Tantangan regulasi harus ditangani dengan memberikan solusi yang memastikan ekonomi digital dapat diterima masyarakat dan stakeholder terutama bisnis digital yang memberi manfaat dan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat. Kondisi ini membuktikan bahwa perkembangan ekonomi membutuhan kajian-kajian keilmuan yang dinamis yang dapat mengantisipasi masalah-masalah perekonomian yang ada.

              Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terkemuka di Indonesia memiliki kewajiban untuk selalu terdepan dalam menghadapi isu-isu bagaimana kesiapan dunia ekonomi dan bisnis dalam menghadapi industri revolusi 4.0. Untuk itu diperlukan suatu wadah perkumpulan para cendikiawan dibidang ekonomi dan bisnis untuk dapat mengantisipasi masalah-masalah ekonomi dan bisnis yang semakin berkembang.

              Kegiatan ini hadir sebagai salah satu wadah pertemuan para cendikiawan ekonomi dan bisnis lintas negara dalam berdiskusi dan membahas tantangan yang terjadi di era turbulensi ekonomi ini. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara menjadi tuan rumah kegiatan International Conferences dan Call for Paper yang bertemakan Economics and Business In Industrial Revolution 4.0